Popular Food & Drink in Tuban City





Indonesia memiliki cita rasa kuliner yang berbeda di setiap daerahnya. Hal itu menjadi keunikan tersendiri untuk negeri ini. Contohnya adalah Kota Tuban. Kota Tuban memiliki keunikan akan kulinernya, dikarenakan tempatnya yyang terletak di dekat laut dan banyak pohon siwalan yang tumbuh disana. Berikutnya saya akan mengulas makanan dan minuman yang populer di kota Tuban.


TOAK



  Salah satu hal unik dan sangat khas Tuban adalah Tuwak, atau dalam lidah orang local disebut Toak. Minuman dari pohon siwalan ini sedemikian trade mark Tuban. Karena kita akan kesulitan mendapatkan minuman ini di daerah lain, kalaupun ada pasti impor dari Tuban.Tuwak merupakan minuman yang diperoleh dari perasan bunga pohon siwalan yang disebut Wolo.Legen yang asli hanya bertahan sekitar 4 sampai 5 jam, artinya jika telah melampau waktu tersebut, legen akan berubah menjadi Tuwak. Makanya, ada yang bilang bahwa Tuwak adalah hasil fermentasi dari Legen.

RAJUNGAN

makanan khas tuban rajungan


Laut memang mempunyai banyak sekali kekayaan alam, salah satu kekayaan alam di laut adalah hewan yang bergizi dan enak. Tuban memanfaakan kondisi di pinggir laut dengan cara mengambil hewan yang memang sedang populer saat ini di Indonesia yaitu, Rajungan. Rajungan adalah hewan laut yang mirip dengan kepiting, di Tuban rajungan dijadikan makanan khas dan diolah menjadi rajungan kari manunggal. Karena rasa dan kepopulerannya rajungan sampai saat ini mudah di temukan, tapi jangan salah pilih warung nya karena harga yang ditawarkan berbeda-beda.
BELUT GORENG
jajanan khas tuban belut goreng
Belum pernah makan belut? Nah di sini lah tempatnya, belut yang disediakan sudah melalui seleksi dijamin bersih, belut dijadikan sebagai salah satu makanan khas Tuban. Jika kamu pusing memilih warung belut yang enak dan gurih kamu bisa datang ke warung bagong yang terdapat di desa Pruggahan Tuban. Belut di warung begong sudah terjamin kualitasnya yang gurih karena warung begong ini memiliki bumbu rahasia yang pastinya tidak ada di warung lain. Biasanya untuk menikmati satu porsi belut goreng dilengkapi dengan nasi jagung.
Itulah beberapa makanan dan minuman yang populer di kota Tuban. Jika ingin menikmati sensasi kulinernya. Anda, bisa berkunjung ke kot Tuban.

1 komentar: